
Capaian pembelajaran Bahasa Arab Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 MI Kurikulum Merdeka
Capaian pembelajaran Bahasa Arab Fase A, B dan C (Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 MI) dalam kurikulum merdeka merupakan keterampilan belajar yang dimiliki oleh siswa dan harus diselesaikan setiap tahap.
Capaian pembelajaran Bahasa Arab Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 MI merupakan kompetensi minimum yang harus dilewati oleh siswa dalam setiap mata pelajaran Bahasa Arab, capaian pembelajaran ini disusun mengacu pada Standar Kompetensi Kelulusan atau SKL serta Standar Isi seperti Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) dalam kurikulum 2013.
Capaian pembelajaran berisikan kompetensi serta lingkup materi yang disusun secara komprehensif berbentuk narasi, seperti yang sudah mimin utarakan diatas bahwa capaian pembelajaran pada Kurikulum Merdeka ini merupakan perubahan dari kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) dalam Kurikulum 2013. Isi dari capaian pembelajaran dalam kurikulum Merdeka yaitu kumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun komprehensif berbentuk narasi. Pemetaan capaian pembelajaran kurikulum Merdeka sesuai perkembangan siswa dalam fase usia, untuk lebih jelasnya silahkan anda pelajari Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang MI Tahun 2023/2024 pada postingan sebelumnya.
Capaian pembelajaran mata pelajaran Bahasa Arab pada kurikulum merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah disusun sesuai fase usia untuk siswa tingkat MI MILB dari kelas 1-6, fase usia peserta didik terbagi kedalam 3 fase yaitu :
- Fase A untuk Siswa Kelas 1 dan Kelas 2
- Fase B untuk Siswa Kelas 3 dan Kelas 4
- Fase C untuk Siswa Kelas 5 dan Kelas 6
CP/KI KD Bahasa Arab Kelas 1-6 MI
Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat penting untuk dikembangkan, karena di samping sebagai bahasa agama, ia juga sebagai bahasa internasional.
Penguasaan bahasa Arab saat ini juga telah menjadi tuntutan sebagai konsekuensi dari adanya proses globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang berlangsung sangat pesat.
Perkembangan mutakhir menunjukkan bahwa saat ini penutur bahasa Arab di dunia mengalami peningkatan yang signifikan, lebih dari 60 negara dan 350 juta orang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.
Saat ini, bahasa Arab tidak saja dijadikan sebagai bahasa studi agama, akan tetapi juga dipakai sebagai bahasa ekonomi, pariwisata, politik dan keamanan global. Untuk merespon perkembangan tersebut, maka bahasa Arab juga tidak hanya cukup diajarkan dengan tujuan untuk memahami literatur keagamaan semata, namun juga harus diorientasikan kepada penguasaan bahasa sebagai alat komunikasi baik lisan maupun tulisan.
Pembelajaran bahasa Arab di madrasah secara bertahap dan holistik diarahkan untuk menyiapkan peserta didik memiliki kecakapan berbahasa, yaitu:
- mampu mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan secara verbal-komunikatif
- mampu menginternalisasi keterampilan’ berbahasa Arab dengan baik sehingga peserta didik menjadi terampil menggunakan bahasa Arab dalam berbagai situasi
- mampu menggunakan bahasa Arab untuk mempelajari ilmu-ilmu agama, pengetahuan umum dan kebudayaan
- mampu mengintegrasikan kemampuan berbahasa Arab dengan perilaku yang tercermin dalam sikap moderat, berpikir kritis dan sistematis.
Pembelajaran bahasa Arab pada jenjang MI, MTs, MA/MAK diharapkan dapat membantu peserta didik berhasil mencapai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab sebagai bagian dari life skills.
Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab umum adalah pendekatan berbasis teks (genre based approach), yakni pembelajaran difokuskan pada teks, dalam berbagai moda, baik lisan, tulisan, visual, audio, maupun multimodal. Tahapan dalam pendekatan berbasis teks ada empat yaitu:
- Building Knowledge of the Field (BKOF): Guru membangun pengetahuan atau latar belakang pengetahuan peserta didik terhadap topik yang akan ditulis atau dibicarakan. Pada tahapan ini, guru juga membangun konteks budaya dari teks yang diajarkan.
- Modelling of the Text (MOT): Guru memberikan model/contoh teks sebagai acuan bagi peserta didik dalam menghasilkan karya, baik secara lisan maupun tulisan.
- Joint Construction of the Text (JCOT): Guru membimbing peserta didik dan bersama-sama memproduksi teks. Independent
- Construction of the Text (ICOT): Peserta didik memproduksi teks lisan dan tulisan secara mandiri (Emilia, 2011).
Capaian Pembelajaran bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus ditetapkan secara akomodatif dengan mempertimbangkan prinsip fleksibilitas sesuai karakteristik dan kondisi peserta didik berdasarkan hasil asesmen.
Pelaksanaan akomodasi kurikulum, pembelajaran dan penilaian bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus dalam memenuhi Capaian Pembelajaran menjadi kewenangan guru dan/atau satuan pendidikan.
Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Arab
Pembelajaran bahasa Arab di madrasah mempunyai tujuan untuk mempersiapkan peserta didik memiliki kemampuan menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasi global dan alat untuk mendalami agama dari sumber otentik yang pada umumnya menggunakan bahasa Arab dan melalui proses rantai keilmuan (isnad) yang terus bersambung hingga sumber asalnya yaitu Al-Qur’an dan Hadis.
Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Arab Pembelajaran bahasa Arab di madrasah diorientasikan untuk memberikan tiga kompetensi yaitu:
- Kompetensi Berbahasa (al-kifayah al-lugawiyyah), Sebuah kompetensi dasar dalam bahasa yang meliputi empat kemahiran berbahasa (al-maharat al-lugawiyyah) yaitu kemahiran mendengar (mahdrah_ al-istima’), kemahiran berbicara (maharah al-kalam), kemahiran membaca-memirsa (maharah al-qira'ah), dan kemahiran menulis mempresentasikan (mahdrah al-kitabah). Keterampilan berbahasa tersebut harus dijalankan berdasarkan unsur-unsur bahasa (al-anasir al-lugawiyyah) yang baik dan benar meliputi: bunyi (aswdt), kosakata (mufraddat), dan kaidah bahasa (qawa’id al-lugah).
- Kompetensi Berkomunikasi (al-kifayah al-ittisaliyyah), Kompetensi untuk melakukan tindak tutur dengan bahasa target dalam berbagai konteks sosial secara lisan dan tulisan. Bahasa Arab hendaknya dilihat dari sudut pandang fungsionalitasnya, yaitu sebagai alat komunikasi. Jadi kompetensi berkomunikasi ini menjadi hal penting yang harus diajarkan.
Download CP Bahasa Arab Fase A, B Dan C
Untuk mengetahui lebih lengkapnya silahkan Sobat pelajari dan lihat CP/KI KD Bahasa Arab Kelas 1, 2, 3, ,4 ,5 ,6 MI Kurikulum Merdeka >>DISINI<<
Komentar
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upacara Hari Pramuka di MIS Al-Ihya Cihaur 1: Merayakan Semangat Kepramukaan
Pada tanggal 14 Agustus 2024, MIS Al-Ihya Cihaur 1 kembali mengadakan upacara untuk memperingati Hari Pramuka yang ke-63. Upacara ini menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh
JUKNIS ANBK TAHUN 2024
A. Latar Belakang Pelaksanaan AN bertujuan untuk memetakan mutu pendidikan secara berkala dan mendorong perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Berdasarkan Permendikbudristek n
Kepala Kasi Pendidikan Madrasah Kabupaten Kuningan Melakukan Kunjungan Asesmen Madrasah Tahun 2023/2024 Ke MIS Al-Ihya Cihaur 1
Cihaur, (Humas) - Dalam rangka mendukung koordinasi kegiatan ujian Asesmen Madrasah, Kepala Kasi Pendidikan Madrasah Kabupaten Kuningan melakukan kunjungan ke Wilayah KKM 3 Kuninga
Juknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024
Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi y
ASESMEN MADRASAH MIS AL-IHYA CIHAUR 1 TAHUN 2023/2024
MIS Al-Ihya Cihaur 1 Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Pada hari Senin 29 April 2024 melaksanakan Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024. Asesmen Madrasah in
Pembukaan PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025
PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025 Telah dibuka Pendaftaran : KUOTA TERBATAS!!!HANYA MENERIMA DUA KELASKELAS A DAN KELAS B Alur Pendaftaran Calon Peserta Didik Wajib Melakukan Pendafta
Minal Aidzin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir Bathin
Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala ada satu kebencian tertanam di dalam jiwa, mari membasuh jiwa dengan meminta maaf yang terukir dari lubuk hati terdalam atas segala salah dan khi
Suasana Hari Pertama Masuk Sekolah di Semester 2 Tahun Ajaran 2023-2024
Suasana Hari Pertama Masuk Sekolah di Semester 2 Tahun Ajaran 2023-2024 Cihaur - Senin, 02 Januari 2024 adalah hari pertama masuk sekolah untuk sekolah-sekolah di kabupaten Kuning
Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah/Madrasah
Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah/Madrasah ini merupakan pelengkap pelaksanaan pengisian supervisi online yang digagas LPMP Bantan melalui laman supervisi.lpmpbanten.id. Cont
Tupoksi Kepala TU dan Download Contoh Administrasinya
Kepala Tenaga Administrasi Sekolah atau sering juga disebut Kepala TU adalah seorang yang memimpin tenaga administrasi sekolah yang bertugas dalam memberikan dukungan layanan admi
Terimakasih atas kemudahan yg kakak berikan semoga bisa bermanfaat kepada kita semua