• MIS AL-IHYA CIHAUR 1
  • Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat

Capaian pembelajaran Bahasa Arab Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 MI Kurikulum Merdeka

Capaian pembelajaran Bahasa Arab Fase A, B dan C (Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 MI) dalam kurikulum merdeka merupakan keterampilan belajar yang dimiliki oleh siswa dan harus diselesaikan setiap tahap. 

Capaian pembelajaran Bahasa Arab Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 MI merupakan kompetensi minimum yang harus dilewati oleh siswa dalam setiap mata pelajaran Bahasa Arab, capaian pembelajaran ini disusun mengacu pada Standar Kompetensi Kelulusan atau SKL serta Standar Isi seperti Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) dalam kurikulum 2013.

Capaian pembelajaran berisikan kompetensi serta lingkup materi yang disusun secara komprehensif berbentuk narasi, seperti yang sudah mimin utarakan diatas bahwa capaian pembelajaran pada Kurikulum Merdeka ini merupakan perubahan dari kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) dalam Kurikulum 2013. Isi dari capaian pembelajaran dalam kurikulum Merdeka yaitu kumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun komprehensif berbentuk narasi. Pemetaan capaian pembelajaran kurikulum Merdeka sesuai perkembangan siswa dalam fase usia, untuk lebih jelasnya silahkan anda pelajari Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang MI Tahun 2023/2024  pada postingan sebelumnya.

Capaian pembelajaran mata pelajaran Bahasa Arab pada kurikulum merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah disusun sesuai fase usia untuk siswa tingkat MI MILB dari kelas 1-6, fase usia peserta didik terbagi kedalam 3 fase yaitu : 

  • Fase A untuk Siswa Kelas 1 dan Kelas 2
  • Fase B untuk Siswa Kelas 3 dan Kelas 4
  • Fase C untuk Siswa Kelas 5 dan Kelas 6

CP/KI KD Bahasa Arab Kelas 1-6 MI

Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat penting untuk dikembangkan, karena di samping sebagai bahasa agama, ia juga sebagai bahasa internasional. 


Penguasaan bahasa Arab saat ini juga telah menjadi tuntutan sebagai konsekuensi dari adanya proses globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang berlangsung sangat pesat.

Perkembangan mutakhir menunjukkan bahwa saat ini penutur bahasa Arab di dunia mengalami peningkatan yang signifikan, lebih dari 60 negara dan 350 juta orang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. 

Saat ini, bahasa Arab tidak saja dijadikan sebagai bahasa studi agama, akan tetapi juga dipakai sebagai bahasa ekonomi, pariwisata, politik dan keamanan global. Untuk merespon perkembangan tersebut, maka bahasa Arab juga tidak hanya cukup diajarkan dengan tujuan untuk memahami literatur keagamaan semata, namun juga harus diorientasikan kepada penguasaan bahasa sebagai alat komunikasi baik lisan maupun tulisan.

Pembelajaran bahasa Arab di madrasah secara bertahap dan holistik diarahkan untuk menyiapkan peserta didik memiliki kecakapan berbahasa, yaitu:

  • mampu mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan secara verbal-komunikatif
  • mampu menginternalisasi keterampilan’ berbahasa Arab dengan baik sehingga peserta didik menjadi terampil menggunakan bahasa Arab dalam berbagai situasi
  • mampu menggunakan bahasa Arab untuk mempelajari ilmu-ilmu agama, pengetahuan umum dan kebudayaan
  • mampu mengintegrasikan kemampuan berbahasa Arab dengan perilaku yang tercermin dalam sikap moderat, berpikir kritis dan sistematis.

Pembelajaran bahasa Arab pada jenjang MI, MTs, MA/MAK diharapkan dapat membantu peserta didik berhasil mencapai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab sebagai bagian dari life skills. 

Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab umum adalah pendekatan berbasis teks (genre based approach), yakni pembelajaran difokuskan pada teks, dalam berbagai moda, baik lisan, tulisan, visual, audio, maupun multimodal. Tahapan dalam pendekatan berbasis teks ada empat yaitu:

  1. Building Knowledge of the Field (BKOF): Guru membangun pengetahuan atau latar belakang pengetahuan peserta didik terhadap topik yang akan ditulis atau dibicarakan. Pada tahapan ini, guru juga membangun konteks budaya dari teks yang diajarkan.
  2. Modelling of the Text (MOT): Guru memberikan model/contoh teks sebagai acuan bagi peserta didik dalam menghasilkan karya, baik secara lisan maupun tulisan.
  3. Joint Construction of the Text (JCOT): Guru membimbing peserta didik dan bersama-sama memproduksi teks. Independent
  4. Construction of the Text (ICOT): Peserta didik memproduksi teks lisan dan tulisan secara mandiri (Emilia, 2011).


Capaian Pembelajaran bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus ditetapkan secara akomodatif dengan mempertimbangkan prinsip fleksibilitas sesuai karakteristik dan kondisi peserta didik berdasarkan hasil asesmen. 

Pelaksanaan akomodasi kurikulum, pembelajaran dan penilaian bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus dalam memenuhi Capaian Pembelajaran menjadi kewenangan guru dan/atau satuan pendidikan.

Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Arab


Pembelajaran bahasa Arab di madrasah mempunyai tujuan untuk mempersiapkan peserta didik memiliki kemampuan menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasi global dan alat untuk mendalami agama dari sumber otentik yang pada umumnya menggunakan bahasa Arab dan melalui proses rantai keilmuan (isnad) yang terus bersambung hingga sumber asalnya yaitu Al-Qur’an dan Hadis.

Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Arab Pembelajaran bahasa Arab di madrasah diorientasikan untuk memberikan tiga kompetensi yaitu:

  1. Kompetensi Berbahasa (al-kifayah al-lugawiyyah), Sebuah kompetensi dasar dalam bahasa yang meliputi empat kemahiran berbahasa (al-maharat al-lugawiyyah) yaitu kemahiran mendengar (mahdrah_ al-istima’), kemahiran berbicara (maharah al-kalam), kemahiran membaca-memirsa (maharah al-qira'ah), dan kemahiran menulis mempresentasikan (mahdrah  al-kitabah). Keterampilan berbahasa tersebut harus dijalankan berdasarkan unsur-unsur bahasa (al-anasir al-lugawiyyah) yang baik dan benar meliputi: bunyi (aswdt), kosakata (mufraddat), dan kaidah bahasa (qawa’id al-lugah).
  2. Kompetensi Berkomunikasi (al-kifayah al-ittisaliyyah),  Kompetensi untuk melakukan tindak tutur dengan bahasa target dalam berbagai konteks sosial secara lisan dan tulisan. Bahasa Arab hendaknya dilihat dari sudut pandang fungsionalitasnya, yaitu sebagai alat komunikasi. Jadi kompetensi berkomunikasi ini menjadi hal penting yang harus diajarkan.

Download CP Bahasa Arab Fase A, B Dan C
Untuk mengetahui lebih lengkapnya silahkan Sobat pelajari dan lihat CP/KI KD Bahasa Arab Kelas 1, 2, 3, ,4 ,5 ,6 MI Kurikulum Merdeka >>DISINI<<





Komentar

Terimakasih atas kemudahan yg kakak berikan semoga bisa bermanfaat kepada kita semua

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upacara Hari Pramuka di MIS Al-Ihya Cihaur 1: Merayakan Semangat Kepramukaan

Pada tanggal 14 Agustus 2024, MIS Al-Ihya Cihaur 1 kembali mengadakan upacara untuk memperingati Hari Pramuka yang ke-63. Upacara ini menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh

16/08/2024 08:00 - Oleh Administrator - Dilihat 500 kali
JUKNIS ANBK TAHUN 2024

A. Latar Belakang Pelaksanaan AN bertujuan untuk memetakan mutu pendidikan secara berkala dan mendorong perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Berdasarkan Permendikbudristek n

01/08/2024 09:54 - Oleh Administrator - Dilihat 22159 kali
Kepala Kasi Pendidikan Madrasah Kabupaten Kuningan Melakukan Kunjungan Asesmen Madrasah Tahun 2023/2024 Ke MIS Al-Ihya Cihaur 1

Cihaur, (Humas) - Dalam rangka mendukung koordinasi kegiatan ujian Asesmen Madrasah, Kepala Kasi Pendidikan Madrasah Kabupaten Kuningan melakukan kunjungan ke Wilayah KKM 3 Kuninga

01/05/2024 08:37 - Oleh Administrator - Dilihat 510 kali
Juknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024

Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi y

30/04/2024 09:04 - Oleh Administrator - Dilihat 2769 kali
ASESMEN MADRASAH MIS AL-IHYA CIHAUR 1 TAHUN 2023/2024

MIS Al-Ihya Cihaur 1 Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Pada hari  Senin 29 April 2024 melaksanakan Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024. Asesmen Madrasah in

29/04/2024 08:33 - Oleh Administrator - Dilihat 1250 kali
Pembukaan PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025

PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025 Telah dibuka Pendaftaran : KUOTA TERBATAS!!!HANYA MENERIMA DUA KELASKELAS A DAN KELAS B Alur Pendaftaran Calon Peserta Didik Wajib Melakukan Pendafta

19/04/2024 14:23 - Oleh Administrator - Dilihat 906 kali
Minal Aidzin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir Bathin

Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala ada satu kebencian tertanam di dalam jiwa, mari membasuh jiwa dengan meminta maaf yang terukir dari lubuk hati terdalam atas segala salah dan khi

01/04/2024 08:12 - Oleh Administrator - Dilihat 1273 kali
Suasana Hari Pertama Masuk Sekolah di Semester 2 Tahun Ajaran 2023-2024

Suasana Hari Pertama Masuk Sekolah di Semester 2 Tahun Ajaran 2023-2024 Cihaur - Senin, 02 Januari 2024 adalah hari pertama masuk sekolah untuk sekolah-sekolah di kabupaten Kuning

08/01/2024 10:01 - Oleh Administrator - Dilihat 751 kali
Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah/Madrasah

Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah/Madrasah ini merupakan pelengkap pelaksanaan pengisian supervisi online yang digagas LPMP Bantan melalui laman supervisi.lpmpbanten.id. Cont

05/09/2023 11:36 - Oleh Administrator - Dilihat 67004 kali
Tupoksi Kepala TU dan Download Contoh Administrasinya

Kepala Tenaga Administrasi Sekolah atau sering juga disebut Kepala TU adalah  seorang yang memimpin tenaga administrasi sekolah yang bertugas dalam memberikan dukungan layanan admi

05/09/2023 11:08 - Oleh Administrator - Dilihat 2747 kali